Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Obat yang Ada Di Apotek

Banyak sekali jenis obat penghilang bekas luka yang beredar di pasaran termasuk seperti krim, salep atau gel yang bisa didapatkan secara mudah dan tentu juga tanpa harus resep dokter. Luka dikulit kadang meninggalkan bekas luka berwarna gelap yang kadang susah hilang.

Bagi sebagian orang mungkin hanya butuh beberapa minggu saja untuk memudarkan bekas luka seutuhnya. Namun beberapa kasus lainnya butuh usaha dan waktu, apalagi bila bekas luka terdapat pada daerah yang mudah terlihat selain bisa mengganggu penampilan juga bisa buat tidak percaya diri.

Tapi anda jangan terlalu khawatir bila kamu sekarang mengalami hal tersebut dan anda perlu cara menghilangkan bekas luka dengan obat yang terjual bebas di apotek. Tanpa memerlukan resep dari dokter, dibawah akan kita bahas dan akan merekomendasikan untuk penghilang bekas luka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Obat yang Ada Di Apotek

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : nakita.grid.id
Bagi sebagian orang adanya bekas luka pada kulit sangatlah mengganggu bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri sendiri. Biasanya bekas luka muncul akibat jerawat, luka bakar atau bentuk luka lain yang bisa menimbulkan trauma pada kulit.

Untuk itu penggunaan salep penghilang bekas luka tentu akan sangat membantu, namun bagaimana cara memilih produk yang aman dan tepat. Penyebab munculnya bekas luka, umumnya kulit yang terluka akan mengalami trauma selain itu tubuh akan merespon dengan menghasilkan protein kolagen.

Protein kolagen bermanfaat untuk membantu masa penyembuhan, produksi kolagen berlangsung selama 8 hingga 12 minggu. Dalam fase tersebut, pasokan darah ke jaringan yang terdapat luka akan meningkat sehingga menyebabkan bekas luka menjadi terangkat.

1. Bio oil

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : beritamagetan.id
Cara menghilangkan bekas luka yang pertama yaitu bio oil, ini sudah sangat terkenal dapat mengatasi berbagai macam bekas luka yang timbul di tubuh. Dari bekas luka karena jatuh, tergores bahkan bio oil diklaim mampu memudarkan bekas streatch mark pasca lahiran atau obesitas atau kegemukan.

Bio oil memiliki kandungan vitamin A, vitamin E dan chamomile yang tentu berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit dan meratakan warna kulit. Yang semula lebih gelap akibat luka, setelah pemakaian yang teratur dan rutin maka lama kelamaan bekas luka akan memudar.

Untuk aturan pakainya yaitu oleskan sehari 2 kali pada bekas luka selama minimal 8 minggu untuk hasil maksimal. Untuk ibu hamil atau dalam masa kehamilan oleskan sehari 2 kali pada bagian streatch mark, mulai dari awal trimester kedua.

2. Bioplacenton

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : www.popmama.com
Bioplacenton merupakan obat yang mengandung placenta extract dan neomycin sulfate, obat ini biasanya digunakan untuk mengobati luka bakar. Serta luka disertai dengan infeksi, luka kronik dan jenis luka yang lainnya.

Ekstrak plasenta bekerja dengan memicu pembentukan jaringan baru dan untuk wound healing sedangkan neomycin sulfate bekerja dengan mencegah atau mengatasi infeksi bakteri gram negatif pada area luka dalam penggunaan obat salep ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Untuk kalian yang pernah terkena knalpot panas atau letupan minyak saat memasak, segera bilas tangan menggunakan air mengalir dan berikan bioplacenton diatas luka bakar yang masih basah. Biar luka anda tidak akan berbekas secara berlebihan dan dapat mencegah masuknya infeksi atau bakteri ke luka.

3. Melanox Hydroquinone 2% Cream

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : shopee.co.id
Melanox merupakan obat yang bermanfaat untuk mencerahkan area kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Oleh karena itu melanox sering kali disebut sebagi krim pemutih, hydroquinone berfungsi menghalangi pembentukan melanin yaitu pigmen atau zat warna alami kulit.

Melanox umumnya digunakan untuk mengatasi atau mengobati hiperpigmentasi kulit, atau keadaan dimana daerah kulit tertentu lebih gelap dibandingkan dengan yang lainnya. Beberapa penyebabnya antara lain yaitu karena luka tergores, luka bakar, bekas operasi dan lainnya.

Melanox digunakan dengan cara dioleskan secukupnya ke area kulit yang mengalami hiperpigmentasi setiap 12 jam sekali. Melanox dianjurkan pemakaiannya digunakan yaitu pada malam hari sebelum tidur dan pada pagi hari.

4. Dermatix Ultra

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : www.popmama.com
Dermatix adalah produk yang bermanfaat untuk meratakan, menghaluskan, memudarkan bekas luka serta mencerahkan noda dan flek hitam akibat jerawat. Dermatix mengurangi warna gelap pada bekas luka dengan memperlambat transfer melanin ke lapisan atas kulit.

Obat ini juga akan mengurangi scar bekas jerawat dengan melindungi area kulit dari proses peradangan dan memicu pembentukan kolagen. Sehingga dapat memperbaiki atau memudarkan tampilan bekas luka yang menggelap.

Dermatix ultra gel mengandung cyclopentasiloxane atau gel silikon dan vitamin C ester, produk ini berbentuk gel transparan. Aturan pakainya yaitu oleskan dermatix ultra gel sbanyak 2 kali sehari, penggunaannya bisa dilakukan pada pagi dan malam selama minimal 2 hingga 3 bulan.

5. Krim Mederma Gel Proaktif 

Cara Menghilangkan Bekas Luka
Sumber gambar : shopee.co.id
Mederma gel merupakan gel yang digunakan untuk memperbaiki struktur kulit pada jaringan parut serta dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan pada bekas luka. Krim mederma gel proaktif mengandung aloe vera dan allantoin yang telah terbukti dapat memudarkan bekas luka dengan cepat.

Krim mederma gel proaktif ini bisa jadi salah satu solusi yang paling tepat untuk mengembalikan warna kulit kamu menjadi merata. Aturan pakai mederma gel yaitu yang pertama oleskan dari pusat scar ratakan ke arah luar scar.

Untuk aturan dosis krim mederma gel yaitu dioleskan secara merata 3 sampai 4 kali sehari dan digosok secara perlahan selama 2 sampai 3 menit pada scar. Lama penggunaan atau pemakaian krim mederma gel ini yaitu 3 sampai 6 bulan pada scar yang ada dan 8 minggu untuk scar baru.

Kesimpulan 

Nah diatas beberapa rekomendasi obat buat anda yang ingin cara menghilangkan bekas luka, selain engan obat-obatan anda juga harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Jaga kebersihan tubuh dan hindari mengupas luka yang sudah kering agar kulit lebih cepat proses regenerasi kulit.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Obat yang Ada Di Apotek"