Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ciri Ciri Pubertas dan Penjelasan Pubertas Hingga Terjadi Perubahan Pada Tubuh

Pubertas merupakan suatu tanda atau ciri-ciri tahap perkembangan seorang anak hingga menjadi dewasa secara seksual. Pada perempuan pubertas terjadi rentan dalam usia 10 sampai 14 tahun, sedangkan untuk laki-laki pubertas rentan kisaran pada usia 12 sampai 16 tahun.

Dalam masa pubertas baik remaja laki-laki maupun perempuan akan merasakan adanya suatu perubahan dalam tubuh mereka. Perubahan tubuh ini terjadi karena pengaruh dari perubahan hormon semasa pubertas, di masa puber juga dapat terjadi perubahan tinggi badan.

Pada kasus tertentu pubertas bisa datang terlalu cepat atau pubertas dini, pubertas dini dapat terjadi ketika usia untuk perempuan kisaran kurang dari 8 tahun. Sedangkan untuk laki-laki muncul dibawah usia 9 tahun, dibawah akan membahas mengenai ciri ciri pubertas dan penjelasan pada tubuh.

Inilah Ciri Ciri Pubertas dan Penjelasan Hingga Yang Terjadi Pada Perempuan dan Laki-laki

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : doktersehat.com

1. Ciri Ciri Masa Pubertas Menstruasi Pada Perempuan 

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : nakita.grid.id
Tanda pubertas pada remaja perempuan yang pertama adalah menstruasi. Kebanyakan remaja perempuan akan mendapatkan menstruasi pertamanya pada usia menginjak sekitar 12-13 tahun, diawali dengan munculnya bercak darah dari vagina yang akan terlihat melalui noda pada celana dalam.  

Setiap wanita akan mengalami menstruasi pertama yang berbeda-beda. Ada yang sudah mulai menstruasi sejak umur 9 tahun, ada juga yang baru mengalami menstruasi pada usia sudah sekitar 16 tahun.

Biasanya tanda pubertas ini terjadi dalam waktu kurang lebih 2 tahun atau 3 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Kepada orang tua khusus nya yang mempunyai anak remaja perempuan berilah mereka edukasi tentang menstruasi agar anak tidak panik dan mungkin akan merasa takut.

2. Ukuran Testikel Pria dan Penis Yang Membesar

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.sehatq.com
Pada remaja laki-laki pubertas ditandai dengan bertambahnya ukuran testis dan penis. Namun tidak ada patokan yang pasti mengenai kapan dimulainya perubahan tersebut muncul, tapi dapat diperkirakan sekitar umur 9-18 tahun.

Mengenai perubahan ini, peran orang tua yaitu harus memberikan edukasi kepada anak-anak remaja laki-laki. Bahwa setiap laki-laki akan mengalami perkembangan fisik yang berbeda-beda, selain itu adanya sedikit perbedaan ukuran antara testis satu dengan yang lainnya.

Namun tak perlu khawatir karena hal itu normal dan tidak perlu bingung. Meski demikian orang tua tetap sarankan kepada anak laki-laki untuk memeriksa kondisi penis dan testisnya secara teratur ketika mandi, untuk mengetahui apakah ada benjolan saat diraba, perubahan warna dan lainnya.

3. Payudara Mulai Tumbuh Pada Wanita

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.sehatq.com
Hal yang sering umumnya dijadikan tanda bahwa remaja perempuan ketika sudah memasuki masa pubertas adalah mulai tumbuhnya payudara. Yang diawali dari area sekitar puting, ini biasanya akan terjadi pada anak remaja perempuan yang akan memasuki usia 8-13 tahun. 

Pada anak remaja perempuan yang baru memulai fase pubertas, bentuk payudara yang berubah mungkin akan berbeda. Antara yang satu dengan yang satu nya lagi, tergantung sisi mana yang lebih dulu tumbuh.

Selain terlihat besar sebelah, payudara juga akan merasakan sakit atau nyeri ketika disentuh. Tetapi tidak perlu khawatir dan bingung, karena hal itu normal dan rasa nyerinya akan menghilang seiring berjalannya waktu.

4. Tumbuhnya Rambut Di Ketiak dan Kemaluan 

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : ahubbik.blogspot.com
Ciri-ciri pubertas selanjutnya yang akan dialami oleh perempuan dan laki-laki adalah tumbuhnya rambut di sekitar ketiak dan di area kemaluan. Sekitar 15 persen remaja perempuan akan mengalami terlebih dahulu tumbuhnya rambut di area tertentu.

Seperti halnya remaja perempuan, remaja laki-laki pun akan mengalami fase pubertas pertubuhan rambut di area kemaluan, ketiak. Serta ada juga sebagian lelaki memiliki rambut-rambut halus diarea dada juga kaki.

Tumbuhnya rambut diarea tertentu membuat terkadang membuat sebagian anak-anak yang mengalami pubertas merasa malu. Sehingga untuk orangtua harus memberikan edukasi tentang fase pubertas ini, bahwa ini merupakan fase-fase awal pubertas dan semua orang akan mengalaminya.

5. Ciri Ciri Pubertas Pada Laki-laki Muncul Kumis

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.jpnn.com
Ciri-ciri pubertas selanjutnya adalah munculnya kumis tipis pada remaja laki-laki. Pertumbuhan kumis juga tidak hanya dialami oleh laki-laki namun untuk sebagian remaja perempuan juga akan mengalami  yang namanya muncul tumbuhnya kumis tipis.

Hal ini akan terjadi ketika anak-anak remaja baik perempuan maupun laki-laki pada masa pubertas. Akan tetapi munculnya kumis tipis pada perempuan tidak akan dialami oleh semua perempuan, serta pubertas ini akan tumbuh ketika masa pubertas dimulai.

Untuk hal ini juga peran orang tua sangat dan harus memberikan edukasi mengenai tumbuhnya atau munculnya kumis tipis. Baik pada anak remaja perempuan maupun laki-laki, karena untuk sebagian perempuan hal ini sangat aneh dan merasa malu.

6. Ciri Ciri Jerawat Pubertas Seperti Ini

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.maskulin.com.my
Perubahan hormon dimasa pubertas membuat remaja perempuan akan mulai mengalami yang namanya benjolan kecil atau yang disebut juga jerawat. Perubahan hormon tersebut juga membuat kelenjar minyak lebih aktif dan memproduksi minyak diwajah lebih banyak.

Tak bisa dipungkiri bahwa anak remaja baik perempuan maupun laki-laki yang masuk fase pubertas mulai akrab. Dengan kondisi wajah yang mulai berkomedo, berjerawat, kusam, wajah berminyak dan masalah wajah lainnya.

Perubahan kimia dalam tubuh juga dapat mempengaruhi munculnya kelenjar keringat. Yang dapat menyebabkan sebagian anak remaja perempuan atau pun laki-laki mulai mengalami bau badan tak sedap.

7. Perubahan Emosional

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.haibunda.com
Perubahan emosional seringkali terjadi ketika akan memasuki fase baru yaitu pubertas. Perubahan emosional ini dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron selama dalam fase pubertas, akan ada beberapa perubahan terhadap emosional.

Perubahan yang paling sering terjadi ketika masa pubertas yaitu lebih gampang emosi, susah ngontrol emosi dan lainnya. Sering berbeda pendapat dengan seseorang atau orang tua, teman atau pun orang lain dan kerap kali anak akan menjadi pendiam dan murung.

Disarankan orangtua harus memberikan edukasi tentang hal ini juga lebih memperhatikan kondisi psikologis anak. Ketika anak akan beranjak remaja maka orang tua harus membantu anak remaja kalian untuk mengontrol emosionalnya.

8. Ciri Pubertas Primer

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : charcuipayven.blogspot.com
Ciri ciri pubertas dan penjelasan yang selanjutnya adalah mimpi basah. Mimpi basah merupakan suatu tanda pubertas yang sangat umum dialami oleh laki-laki, mimpi basah merupakan masa dimana laki-laki mengalami ejakulasi atau keluarnya sperma pada kondisi saat tidur.

Dalam kondisi mimpi basah ini merupakan suatu kondisi umum sering terjadi ketika masa pubertas dimulai. Mimpi basah merupakan mimpi tentang hasrat seksual seseorang yang mengakibatkan terjadinya suatu ejakulasi.

Dalam hal ini anak remaja laki-laki atau pun perempuan harus diberikan edukasi mengenai mimpi basah. Agar tidak membahayakan dan merusak masa depan seseorang, sebelum terlambat maka disarankan untuk orang tua harap berikan perhatian, berikan edukasi yang benar dan tepat.

9. Ciri Pubertas Laki-laki Terjadinya Perubahan Suara 

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.mikirbae.com
Ciri-ciri pubertas selanjutnya adalah perubahan suara pada laki-laki. Perubahan suara pada laki-laki terjadi karena membesarnya ukuran laring, laring atau kotak suara merupakan tempat dimana pita suara kita berada.

Hal ini yang menyebabkan suara pada laki-laki menjadi berat, pada masa-masa ini biasanya disebut dengan pecahnya suara laki-laki. Hal seperti ini normal dan sering terjadi, ketika tubuh seorang laki-laki sedang melakukan adaptasi dengan ukuran laring yang baru.

Seorang anak laki-laki yang mengalami pecah suara umumnya berusia kisaran dari 12 tahun hingga 16 tahun. Kemudian suara akan berkembang menjadi sempurna, suara yang pecah pada anak remaja laki-laki baru akan menetap pada usia 17 tahun.

10. Ciri Pubertas Tinggi Badan Bertambah 

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.haibunda.com
Tinggi badan juga berpengaruh ketika seorang anak remaja perempuan dan laki-laki mengalami fase pubertas. Biasanya tinggi badan anak remaja perempuan akan bertambah naik sekitar 5cm sampai 7,5cm setiap tahunnya.

Jika ciri ciri tersebut terjadi secara optimal pada masa pubertas, kemungkinan besar pertumbuhan tinggi badan akan naik sekitar 23cm bahkan 28cm. Sedangkan untuk anak remaja laki-laki akan bertambah tinggi badan pertahunnya adalah 7cm sampai 9,5cm.

Jadi anak laki-laki yang mengalami naiknya tinggi badan saat pubertas sekitar 31cm. Meskipun masa  pubertas anak perempuan lebih awal dibandingkan dengan laki-laki, namun tinggi badan laki-laki tetap lebih unggul dari anak perempuan.

11. Ciri Pubertas Tumbuhnya Jakun Pada Laki-laki

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.idntimes.com
Saat masa pubertas umumnya akan mengalami perubahan dratis pada bagian tubuh remaja perempuan dan laki-laki. Dalam hal ini, pada laki-laki salah satunya terjadi dengan tumbuhnya jakun pada bagian tengah leher.

Ukuran jakun pada anak laki-laki akan berbeda-beda, tergantung banyaknya kartilago atau kotak suara yang lebih besar dibandingkan pita suara mereka. Sesuatu yang akan menjadi pembeda setelah tumbuhnya jakun adalah suara menjadi berat dan dalam.

Perubahan suara yang dialami oleh anak remaja laki-laki bukanlah proses yang langsung instan dalam satu hari. Melainkan dapat terjadi secara bertahap dengan melalui proses, semakin beratnya suara dari waktu ke waktu.

12. Berat Badan Meningkat dan Pinggul Membesar Pada Perempuan

Ciri Ciri Pubertas
Sumber gambar : www.yukepo.com
Ketika sedang mengalami masa pubertas berat badan anak remaja perempuan akan meningkat, berat badan bertambah diakibatkan oleh hormon. Hormon tersebutlah yang diproduksi oleh otak, yang menyebabkan terjadinya penaikan atau meningkatnya berat badan.

Pinggul yang membesar ketika pubertas ini juga dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini yang bertugas mempengaruhi atas perubahan tubuh remaja perempuan pada masa atau fase pubertas.

Pada saat anak perempuan mengalami pubertas akan lebih banyak memproduksi lemak. Lemak yang diproduksi inilah yang akan menyebar keseluruh bagian tubuh lainnya seperti pinggul, paha hingga kebagian payudara.

Kesimpulan 

Itulah beberapa tanda-tanda dan penjelasan mengenai pubertas yang dialami oleh anak perempuan dan laki-laki saat mengalami fase tersebut. Tidak perlu khawatir dan takut ketika masa pubertas kalian dimulai, kalian hanya perlu edukasi mengenai pubertas agar kalian bisa memahaminya.

Posting Komentar untuk "Inilah Ciri Ciri Pubertas dan Penjelasan Pubertas Hingga Terjadi Perubahan Pada Tubuh"