Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berhenti Merokok Secara Ampuh, Alami dan Efektif

Bagi sebagian orang berhenti merokok merupakan hal yang paling sulit dilakukan, padahal merokok merupakan salah satu kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Rokok menjadi sebuah trend  yang sudah banyak penelitian yang meneliti bahwa rokok sebagai penyakit yang berbahaya.

Masyarakat indonesia merupakan perokok aktif, yang jumlah orang perokok aktif nya mencapai 51,1 persen menurut data dari ikatan ahli kesehatan masyarakat indonesia. Ini merupakan angka tertinggi seasia tenggara, disebabkan banyaknya rokok yang dijual bebas dipasaran.

Kebiasaan merokok sendiri telah terbukti berbahaya mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang. Serta dapat mengakibatkan kanker paru-paru, serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya, dibawah akan saya jelaskan mengenai cara berhenti merokok secara ampuh, alami juga efektif.

Inilah Cara Berhenti Merokok Secara Alami dan Ampuh

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : www.youtube.com
Didalam rokok ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, methanol, ammonia, arsenik dan karbon monoksida. Itulah kandungan yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru dan penyakit berbahaya lainnya.

Bahaya dari rokok dapat menyebabkan rusaknya masa depan anda, jika tidak segera berhenti akan banyak penyakit muncul yang tanpa disadari. Sehingga cara berhenti dari rokok adalah salah satu cara terbaik agar masa depan anda tetap cerah.

Cara berhenti merokok yang pertama adalah dengan menggunakan produk-produk pengganti nikotin. Ataupun dengan beberapa metode yang bisa berhenti dari rokok, namun untuk berhenti dari rokok ada beberapa proses yang harus dilalui.

1. Buat Rencana Kapan Anda Memulai Berhenti Merokok 

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : www.ohmedia.my
Ketika anda benar benar ingin berhenti merokok, tentukan kapan dan tanggal berapa anda memulai untuk berhenti merokok. Sebelum ke tahap mencari cara efektifnya, juga pikirkan matang matang ketika anda ingin berhenti merokok dan cari waktu yang paling pas.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda persiapkan sebelum memutuskan untuk berhenti rokok. Yaitu dengan cara memberi tahukan keluarga, teman dan yang lainnya ketika anda memiliki niat untuk berhenti merokok.

Membuang sisa rokok yang anda punya juga asbak yang ada dirumah, menyiapkan pengganti rokok. Seperti permen karet, lolipop atau lainnya. Agar anda bisa fokus dengan niat anda juga membuat anda termotivasi untuk berhenti dari rokok anda bisa menceritakannya ke teman anda yang tidak merokok.

2. Antisipasi Rawan Waktu Merokok

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : sugriwagambar.blogspot.com
Merokok sebenarnya merupakan lebih sekedar dari kecanduan fisik terhadap bahan berbahaya dalam rokok. Namun kebiasaan itulah yang bisa juga menyebabkan kecanduan secara psikologis, nah sekarang tugas anda sekarang adalah mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi.

Biasanya beberapa faktor yang memicu anda menjadi ingin merokok lagi yaitu saat minum kopi, setelah makan. Serta saat anda ada masalah atau tekanan yang membuat anda stres, saat berkendara, minum alkohol dan pada saat anda berkumpul dengan teman-teman perokok.

Untuk cara mengatasi sibukkan diri anda dengan berbagai aktifitas, jangan biarkan diri anda merokok kembali. Ketika ada pikiran merokok kembali, maka yang harus anda lakukan adalah mengalihkan pikiran tersebut, tekadkan dalam hati untuk tidak merokok kembali.

3. Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan yang Positif

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : istiqna.com
Dua minggu awal pertama yang akan menentukan kesuksesan anda saat berhenti merokok. Jika dalam dua minggu pertama anda berhasil tidak merokok maka peluang anda kedepan nya untuk tidak merokok kemungkinan besar akan berhasil.

Oleh sebab itu, kuatkan tekad dan prinsip anda untuk berhenti dari rokok, untuk menunjang keberhasilan dalam cara mengurangi rokok. Coba untuk menyibukkan diri sendiri dengan berbagai aktifitas baik diluar maupun didalam.

Anda bisa mengikuti kegiatan sosial, berolahraga dipusat kebugaran, bersepeda ataupun berkumpul dengan teman-teman yang tidak merokok. Jangan terlalu menyendiri dan memikirkan betapa beratnya saat tidak merokok, untuk itu banyak-banyakin kegiatan agar anda tidak mudah stres.

4. Hindari Berkumpul Dengan Para Perokok 

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : www.beritagesit.com
Tekad kuat seseorang untuk berhenti merokok, terkadang bisa runtuh ketika anda berkumpul dengan beberapa teman perokok. Godaan ini akan sangat terlihat nyata dan kemungkinan sulit untuk ditolak meski mungkin anda sudah berusaha keras untuk tidak merokok.

Jika anda mempunyai sifat yang mudah tergoda, maka saran yang lebih baik adalah sebisa mungkin tidak bertemu atau berkumpul dengan teman yang merokok. Hal ini akan membantu anda dalam tekad untuk berhenti dari rokok lebih cepat dan tidak ada hambatan.

Ketika acara tersebut sangatlah penting, maka ketika teman-teman anda mulai merokok, usahakan untuk menjaga jarak. Dengan begitu diharapkan teman anda bisa mengerti agar dilain waktu tidak menawari untuk merokok lagi.

5. Terus Motivasi Diri Sendiri

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : www.mastah.org
Motivasi terkuat dan terbaik adalah motivasi dari diri sendiri, oleh sebab itu teruslah untuk memotivasi diri sendiri. Dengan berbagai sugesti dan kalimat postif agar anda tidak mudah tergoda untuk kembali merokok lagi.

Biasanya keinginan untuk merokok itu hanya bertahan sekitar 15 sampai 20 menit, oleh karena itu anda bisa mengalihkannya. Dengan cara mengalihkan keinginan anda untuk merokok salah satunya dengan cara berbicara pada diri sendiri untuk menguatkan tekad untuk berhenti merokok.

Anda bisa memotivasi diri anda sendiri dengan cara misalnya, ketika anda merokok maka uang anda akan habis karena beli rokok. Selanjutnya anda kalkulasikan pengeluaran untuk rokok dalam jangka satu bulan, terkadang uang bisa menjadi motivator utama untuk berhenti dari rokok.

6. Menjauhkan diri dari stres

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : nahwi-film.blogspot.com
Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang mengalami tekanan atau ancaman dari lingkungannya. Stres atau berada dibawah tekanan merupakan suatu peluang seseorang membuat keinginan untuk merokok muncul kembali.

Bagi sebagian orang rokok merupakan semua penghalau stres yang sangat cukup ampuh. Agar hal ini tidak terjadi maka ketika anda stres anda bisa mencoba beberapa kegiatan yang membuat diri anda merasa tenang dan berpikiran lagi untuk merokok.

Selain itu anda sebaiknya beristirahatlah dengan baik dan cukup, karena stres dapat menyerang seseorang ketika jam tidurnya kurang dari 7 jam. Oleh sebab itu, istirahatlah yang cukup jaga pola makan juga jaga gaya hidup sehatnya.

7.  Terapi Pengganti Nikotin

Cara Berhenti Merokok
Sumber gambar : www.kitapastisehat.com
Nikotin merupakan zat yang ada dalam kandungan rokok, yang membuat seseorang akan kecanduan terus menerus. Nah untuk pengganti atau terapi pengganti nikotin adalah cara untuk mengurangi kecanduan terhadap kandungan nikotin didalam rokok bagi perokok berat.

Cara ini mampu meningkatkan  angka mengurangi atau berhenti terhadap rokok sekitar 50-75 persen. Terapi pengganti nikotin terdiri dari patch nikotin merupakan sejenis terapi yang menggunakan semacam plester yang ditempelkan diarea kulit tertentu.

Selain itu ada juga terapi nikotin lainnya yaitu tablet hisap atau permen, inhaler dan semprotan hidung. Itu beberapa terapi yang bisa anda lakukan atau coba, berhenti dari rokok merupakan suatu hal yang memerlukan proses yang cukup memakan waktu dan yang intinya anda harus sabar.

Kesimpulan 

Berhenti merokok memang tidak mudah bagi perokok berat, itu sebabnya banyak orang-orang gagal dalam berhenti merokok. Namun untuk itu, anda ketika punya tekad untuk berhenti merokok maka kuatkan tekad tersebut jangan sampai menyerah ditengah jalan, jalani dan terus semangat.

Posting Komentar untuk "Cara Berhenti Merokok Secara Ampuh, Alami dan Efektif"