Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Awal Batu Ginjal Yang Harus Kamu Tangani Segera

Batu ginjal adalah suatu endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam asam yang mengendap dalam urin yang terkonsentrasi. Batu ginjal juga disebut kalkulus uriner, endapan kecil dan keras yang sering mengakibatkan rasa sakit pada saat buang air kecil.

Pada sebagian kasus batu ginjal sering terjadi pada usia 30 sampai 60 tahun, ukuran batu ginjal ini tidak selalu sesuai dengan keparahan gejala yang dialami. Tanda awal batu ginjal yaitu seringnya buang air kecil, ada rasa sakit saat buang air kecil dan lainnya.

Batu ginjal yang berukuran kecil dapat mudah melewati saluran kemih tanpa ada gejala batu ginjal. Sedangkan, batu-batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar akan terjebak disaluran kemih, biasanya ini akan mengalami terjadinya tanda awal batu ginjal.

Penyebab, gejala dan pengobatan batu ginjal

Tanda Awal Batu Ginjal
Sumber gambar : intisari.grid.id

1. Penyebab batu ginjal

Tanda Awal Batu Ginjal
Sumber gambar : www.boombastis.com
Batu ginjal dipicu karena beberapa sebab yaitu seperti kurangnya konsumsi air putih, berat badan berlebih atau obesitas. Atau bisa juga terjadi karena efek samping dari operasi pada organ sistem pencernaan.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat macam yaitu batu kalsium, batu stuvite, batu sistin dan batu asam urat. Pembentukan batu ginjal juga bisa terjadi pada saat tubuh kekurangan kandungan zat yang dapat mencegah batu menempel pada ginjal.

Penyebab yang dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal ialah dehidrasi, mempunyai keturunan atau genetik riwayat penyakit batu ginjal, mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat yang menyebabkan terjadinya resiko batu ginjal.

2. Gejala batu ginjal

Tanda Awal Batu Ginjal
Sumber gambar : www.sehatq.com
Tanda-tanda batu ginjal akan terasa pada saat berukuran besar serta tertahan didalam ginjal. Setelah tertahan di ginjal lalu berpindah ke ureter atau pada saat terjadinya infeksi, kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Kondisi pada saat terjadinya rasa nyeri yang tertahankan bisa juga disebut kolik ginjal. Kolik ginjal merupakan gelombang rasa sakit yang tajam yang disebabkan oleh ginjal, untuk mengatasi kolik ginjal disarankan perbanyak minum air putih.

Tanda awal batu ginjal yang umum dirasakan oleh penderita yaitu nyeri pada punggung bagian bawah bahkan terkadang rasa nyeri dapat menjalar ke pangkal paha, meningkatnya frekuensi buang air kecil, nyeri saat buang air kecil atau disuria dan sebagainya.

3. Pengobatan dan pencegahan batu ginjal

Tanda Awal Batu Ginjal
Sumber gambar : gatalgudig.blogspot.com
Pengobatan batu ginjal tergantung pada ukuran dan jenis batu ginjal yang dialami oleh penderita. Untuk ukuran batu ginjal yang kecil adalah k4urang dari diameter 4mm, sedangkan untuk ukuran batu ginjal yang besar adalah lebih dari 6mm.

Untuk penanganan batu ginjal yaitu lebih sering mengonsumsi air putih dan mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti obat paracetamol. Sedangkan untuk gejala batu ginjal yang sudah terlanjur membesar lebih disarankan periksa lebih lanjut lagi kepada dokter ahlinya.

Pencegahan batu ginjal sebenernya cukup sederhana yaitu banyak minum air putih sekitar 2-3 liter perharinya, tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat yang menyebabkan resiko kembalinya batu ginjal, untuk selebihnya bisa langsung tanyakan pada dokter.

Kesimpulan

Love your kidneys, don't let the grace that God gives for free, even you are damaged without feeling guilty, hopefully the above discussion can be helpful and useful for all. Don't forget to be grateful, stay safe and stay healthy.

Posting Komentar untuk "Tanda Awal Batu Ginjal Yang Harus Kamu Tangani Segera"