Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Asam Urat Yang Harus Kita Kenali Faktor Dan Gejalanya

Asam urat merupakan kondisi yang dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat, pembengkakan dan terasa panas dibagian persendian yang terkena asam urat. Persendian lebih besar terkena resiko asam urat.

Persendian yang paling sering terkena gejalanya yaitu jari tangan, lutut, jari kaki serta pergelangan kaki. Penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang pria usia diatas 30 tahun, sedangkan untuk kaum wanita asam urat ini dapat muncul pada saat menopause.

Kebanyakan orang-orang mengira bahwa asam urat sama dengan rematik, tetapi untuk penyakit rematik sendiri mempunyai istilah tersendiri. Rematik merupakan penyakit yang menggambarkan rasa sakitnya pada otot yang mengalami peradangan atau persendian.

Faktor dan Gejala Penyakit Asam Urat 

Penyakit Asam Urat
Sumber gambar : pocnasa.blogspot.com

1. Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat
Sumber gambar : agisherbal.id
Asam urat sebenarnya ialah zat yang terbentuk akibat mengkonsumsi zat purin secara berlebih. Zat purin merupakan senyawa alami yang terletak pada tubuh dan dapat ditemukan di berbagai makanan dn minuman yang kalian konsumsi.

Penyebab yang paling utama akibat asam urat adalah kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh. Seseorang dikatakan memiliki penyakit asam urat setelah tes asam urat ialah 6.0mg /dl untuk wanita, sedangkan untuk pria yaitu 7.0mg/dl jika dibawah angka tersebut berarti asam uratnya normal.

Faktor penyebab asam urat lainnya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman zat purin tinggi yang berlebihan, memiliki penyakit tertentu, mengkonsumsi obat-obatan. Serta pertambahan usia terutama pada laki-laki.

2. Gejala Asam Urat 

Penyakit Asam Urat
Sumber gambar : www.artikelsiana.com
Asam urat bisa saja menyerang pada siapa saja. Bahkan dapat menyerang pada orang-orang yang tidak menerapkan pola asupan gizi seimbang, faktor medis atau penyakit tertentu, usia, pola hidup yang tidak sehat dan genetik.

Gejala awal asam urat biasanya muncul rasa nyeri pada bagian persendian, kesulitan berjalan akibat rasa sakit yang mengganggu aktifitas. Meski gejala penyakit ini sudah berangsung mereda dengan sendirinya.

Walaupun begitu asam urat ini harus segera diobati agar mencegah terjadinya pembengkakan dan mencegah terjadinya timbul kembali. Terapkan pola gaya hidup yang sehat dan hindari makanan dan minuman yang bisa menimbulkan asam urat yang dapat beresiko lebih tinggi.

3. Pencegahan dan Pengobatan Asam Urat 

Penyakit Asam Urat
Sumber gambar : www.youtube.com
Pencegahan asam urat yaitu dengan cara menghindari makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi, perbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah dengan kandungan serat yang tinggi dan minum kopi secukupnya.

Pengobatan asam urat dilakukan dengan cara meringankan gejala asam urat dan mencegah timbul kembali kambuhnya asam urat. Biasanya untuk pengobatan ada dua cara pengobatan asam urat ialah untuk meringankan gejala dan mengkonsumsi obat pencegah asam urat.

Pertama pengobatan yang bisa kalian lakukan yaitu meringankan gejala timbulnya asam urat yaitu dengan cara menempelkan kain atau kantung yang berisi es pada persendian yang sakit. Kedua yaitu dengan cara mengonsumsi obat golongan steroid dan obat pereda sakit asam urat.

Kesimpulan 

Itulah pembahasan mengenai penyakit, faktor penyebab, gejala, pencegahan dan pengobatan asam urat. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, don't forget to be grateful, stay safe, stay healthy and see you in the next article.

Posting Komentar untuk "Penyakit Asam Urat Yang Harus Kita Kenali Faktor Dan Gejalanya"