Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala HIV AIDS Dan Cara Penularannya

Hallo sobat setia kreatif muda, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu hiv aids apakah penyakit ini dapat menular, gejala hiv aids, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Nah sebelum membahas semuanya apasih yang disebut hiv aids.

Hiv atau kepanjangan dari human immunodeficiency virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Sedangkan aids merupakan kepanjangan dari acquired immune deficiency syndrome adalah suatu kondisi dimana hiv sudah berada di fase akhir. Untuk obat khusus atau penangan hiv belum ditemukan sampai saat ini.

Apakah Hiv Aids Bisa Menular

Gejala HIV AIDS
Sumber gambar : dailypost.ng

1. Gejala Hiv Aids

Gejala HIV AIDS
Sumber gambar : www.slideshare.net
Gejala hiv aids infeksi ini tidak menampakkan gejala awal yang jelas di awal terinfeksi. Kebanyakan penderita tidak merasakan atau menunjukkan gejala yang khas beberapa tahun di awal pertama terinfeksi virus hiv aids.

Gejala awal penyakit hiv umumnya mirip dengan virus lainnya. Namun anda harus waspada jika memilki ciri-ciri berikut sakit kepala, demam, kelelahan, kehilangan berat badan secara bertahap, pembengkakan kelenjar getah bening ditenggorokan, ketiak dan pangkal paha.

Sedangkan untuk gejala aids yaitu sariawan yang ditandai dengan adanya lapisan keputihan dan tebal di area lidah atau mulut, infeksi jamur vagina yang parah, batuk kering yang tidak berhenti-henti, sesak nafas, mati rasa parah pada tangan atau kaki dan lain sebagainnya.

2. Penyebab dan Cara Penularan Hiv Aids

Gejala HIV AIDS
Sumber gambar : www.slideshare.net
Aids terjadi ketika hiv berkembang dengan cepat dan parah, serta tidak ditangani dengan baik dan tidak sesegera mungkin diobati. Penularan virus hiv dari orang yang terinfeksi hanya bisa terpapar melalui bentuk cairan tubuh.

Contohnya seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan pra-ejakulasi dan lainnya. Cara penularan lainnya yaitu hubungan seksual dengan penderita hiv dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau bekas penderita hiv.

Untuk itu lindungi orang-orang disekitar anda jika anda terpapar hiv aids dengan cara selalu menggunakan kondom yang steril dan baru saat berhubungan. Tidak berbagi jarum suntik atau alat-alat obat anda.

3. Cara Pengobatan dan Pencegahannya

Gejala HIV AIDS
Sumber gambar : gallerymediaart.blogspot.com
Untuk saat ini belum ada obat yang dapat sepenuhnya menghilangkan virus hiv aids dari dalam tubuh. Tetapi untuk gejalanya sendiri bisa kita atasi lebih dini, dengan cara meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh dengan pemberian terapi antiretroviral.

Terapi antiretroviral ini tidak sepenuhnya dapat menghilangkan virus namun untuk memberikan waktu yang lebih lama untuk hidup dan sehat untuk penderita. Berkurangnya virus dapat memberikan kesempatan untuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang sudah merusak jaringan tubuh.

Jalani hidup dengan sehat jangan berhubungan seksual dengan sembarangan orang sebab dari sana lah kita tidak tahu apakah lawan kita aman atau tidak. Jaga pola hidup yang sehat dengan cara olahraga yang teratur, makan dan minum yang sehat.

Kesimpulan

Jika kalian mengalami beberapa gejala seperti diatas maka segeralah periksakan pada dokter agar tidak terjadi komplikasi. Sayangi diri anda dan orang-orang disekitarmu jangan sampai kau tularkan kepada mereka, semoga pembahasan diatas dapat membantu dan bermanfaat, stay safe and stay healthy. 

Posting Komentar untuk "Gejala HIV AIDS Dan Cara Penularannya "