Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Dan Penyebab Hipertensi Yang Dapat Kamu Tangani Sebelum Parah

Hipertensi atau yang sering disebut dengan darah tinggi merupakan kondisi ketika tekanan darah diatas 140/90 atau lebih. Jika hipertensi tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius seperti gagal jantung, stroke bahkan nyawa yang jadi taruhan nya.

Gejala dan penyebab hipertensi yang jarang kamu rasakan, yaitu gejala yang khas tidak ada. Tetapi kadang-kadang penderita hanya akan merasa sakit kepala pada pagi hari sebelum bangun tidur, tetapi setelah bangun rasa  nyeri akan hilang dengan sendirinya.

Hipertensi ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor pertama curah jantung ialah hasil kali denyut jantung dan isi sekuncup jantung. Faktor kedua yaitu resistensi perifer ialah gabungan otot polos arteri dan viskositas darah.

Inilah Gejala dan Penyebab Hipertensi

Gejala Dan Penyebab Hipertensi
Sumber gambar : komunita.id
Tekanan darah atau hipertensi ada dua macam tekanan darah, yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Tekanan darah sistolik merupakan tekanan darah yang terjadi pada saat jantung berkontraksi, tekanan ini selalu lebih besar dari tekanan diastolik.

Tekanan darah diastolik adalah tekanan darah yang terjadi pada saat jantung berelaksasi(mengembang). Tekanan darah dinyatakan dengan satuan mm hg misalnya 160/80 mm hg, artinya tekanan darah sistolik 160 dan tekanan darah diastolik 80 mm hg.

Hipertensi atau darah tinggi ketika tekanan darah sistolik 160 mm hg  sedangkan tekanan darah diastoliknya ialah lebih dari 80 mm hg. Tekanan darah yang melebihi dari angka tersebut sudah dinyatakan berbahaya untuk nyawa dan harus segera ditangani.

1. Gejala dan Penyebab Hipertensi

Gejala Dan Penyebab Hipertensi
Sumber gambar : topgambarposter.blogspot.com
Berdasarkan etiologi hipertensi dibagi menjadi dua, yaitu hipertensi essensial atau hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi sekunder, prevalensi hipertensi ini hanya 6-8% dari seluruh penderita hipertensi, yang disebabkan oleh penyakit, obat-obatan dan lain-lain.

Hipertensi essensial atau hipertensi primer disebut juga hipertensi idiopatik, yaitu hipertensi yang tidak jelas penyebabnya. Hipertensi ini merupakan 90% dari kasus seluruh penderita hipertensi, faktor lain penyebab hipertensi ialah stres, kehamilan dan lainnya.

Hipertensi kadang disebut sebagai sillent killer ialah sebuah penyakit yang membunuh secara diam-diam. Sebab rata-rata orang yang mengalami hipertensi jarang memiliki gejala yang khusus, sebab itu hipertensi selalu mengancam nyawa dengan tekanan darahnya yang sudah terlalu tinggi.

2. Pencegahan dan Pengobatan 

Gejala Dan Penyebab Hipertensi
Sumber gambar : www.viva.co.id
Beberapa tindakan umum yang harus dilakukan oleh penderita yaitu bagi yang obesitas ialah menurunkan berat badan dan volume darah juga akan menurun. Diet garam, maksimum 2gram perhari untuk mengurangi konsumsi lemak daging dan memperbanyak mengkonsumsi makanan nabati.

Tidak merokok, mengurangi konsumsi kopi, alkohol, istirahat yang cukup dan olahraga teratur dapat merangsang saraf parasimpatis untuk lebih aktif sedangakan saraf simpatis yang mempunyai efek vasokonstriksi kurang aktif.

Prinsip pengobatan yaitu untuk menurunkan tekanan darah, yaitu dengan cara pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat. Jika pasien sudah mengalami tekanan darah yang cukup tinggi maka diharuskan mengonsumsi obat penurun darah tinggi.

Kesimpulan 

Itulah beberapa gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi memiliki istilah yaitu silent killer yaitu penyakit yang secara diam-diam dapat membunuh, semoga pembahasannya dapat bermaanfaat dan bisa membantu, stay safe and stay healthy. 

Posting Komentar untuk "Gejala Dan Penyebab Hipertensi Yang Dapat Kamu Tangani Sebelum Parah"