Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penyebab Herpes Pada Kulit Dan Cara Mengatasinya

Herpes merupakan kelompok virus kulit yang menyebabkan terjadinya luka menular. Infeksi virus ini sering ditandai dengan luka melepuh atau luka terbakar yang berair, kulit kering, serta virus ini dapat menyerang siapa saja.

Penyakit herpes ini tergolong penyakit jangka panjang dan virusnya dapat bertahan seumur hidup dalam tubuh si penderita. Diantara banyaknya virus herpes yang paling sering terjadi yaitu herpes simpleks dan herpes zoster merupakan dua virus yang sering terjadi.

Faktor penyebab herpes pada kulit karena adanya kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi herpes. Juga memiliki kekebalan tubuh yang sangat rendah dapat menjadi sasarsan terjadinya faktor resiko penularan virus herpes.

Faktor Penyebab Herpes dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Herpes
Sumber gambar : www.indozone.id

1. Faktor Penyebab Herpes

Faktor Penyebab Herpes
Sumber gambar : www.sehatq.com
Ada delapan jenis virus penyebab penyakit herpes dan yang dapat menyerang tubuh manusia yaitu herpes simpleks virus type 1(hsv1), herpes simpleks virus type 2(hsv2), varicella zoster virus(vzv), epstein barr virus(ebv), cytomegalovirus(cmv), herpesvirus6(hblv), herpesvirus7 dan herpesvirus8.

Herpes dapat terinpeksi oleh siapapun dan dimanapun, untuk herpes simpleks virus type 1 faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya virus yaitu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sering gonta-ganti pasangan, menderita penyakit seksual dan lainnya.

Untuk virus vzv selain bisa menyebabkan cacar air juga bisa menyebabkan herpes zoster. Faktor resiko terjadinya adalah berusia dibawah 12 tahun, pernah melakukan kontak langsung dengan penderita atau tinggal bersama penderita cacar air dan lainnya.

2. Gejala Herpes 

Faktor Penyebab Herpes
Sumber gambar : www.korankesehatan.com
Gejala herpes terbagi kedalam beberapa stadium yaitu infeksi primer merupakan gejala awal yang binti berwarna putih tampak berisi air. Fase infeksi primer seringkali terjadi selama kira-kira 3 minggu dam mengalami gejala mual,  muntah, demam dan lainnya.

Fase ke dua ialah fase laten yaitu fase ketika pada saat gejala membaik, itu berarti bukan tandanya virus herpes itu mati. Tetapi virus itu istirahat didalam sel saraf ganglion dorsalis, dengan demikian seseorang dapat terkena terinfeksi kembali, walau terlihat tubuh sehat bugar.  

Fase ke tiga ialah infeksi rekuren yaitu virus yang beristirahat pada fase laten yang suatu saat nanti aktif kembali. Faktor yang dapat menyebabkan infeksi kembali yaitu trauma fisik, trauma psikis dan penggunaan obat-obatan.

3. Pengobatan dan Pencegahan Herpes 

Faktor Penyebab Herpes
Sumber gambar : carasehatkembalikeherbal.blogspot.com
Pengobatan herpes adalah untuk menghilangkan blister, untuk mencegah penyebaran virus herpes. Untuk pemberian obat-obatan antivirus juga dapat mengurangi komplikasi akibat herpes, tips untuk masa penyembuhan yang bisa kalian lakukan.

Tipsnya yaitu mengonsumsi obat pereda nyeri, kompres dengan air hangat, menjaga area koreng tetap bersih dan kering. Khusus untuk ibu hamil yang pernah mengalami virus herpes genital harus konsultasi kepada dokter terlebih dahulu selama proses persalinan ditakutkan bayi dapat tertular.

Untuk pencegahan timbulnya kembali virus herpes kalian bisa mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter atau tradisional dan minum secara teratur. Hindari kontak langsung dan berbagi barang dengan penderita seperti pakaian, handuk, sabun dan lainnya.

Kesimpulan 

Itulah beberapa pembahasan mengenai penyebab, gejala, pencegahan dan pengobatan untuk penyakit herpes. Semoga bermanfaat pembahasan diatas dan dapat membantu, selalu bersyukur, stay safe and stay healthy.

Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab Herpes Pada Kulit Dan Cara Mengatasinya"