Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Faktor Penyebab Anemia Yang Jarang Diketahui

Apa sih yang disebut anemia itu, mari kita simak berikut ini. Anemia atau darah rendah merupakan suatu kondisi dimana tubuh memiliki sel darah merah yang rendah atau kekurangan sel darah merah yang sehat atau pun ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Anemia yang disebabkan kurangnya sel darah merah tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh, dapat menyebabkan pasokan aliran oksigen ketubuh berkurang. Selain itu anemia dapat terjadi ketika hemoglobin didalam sel darah merah tidak cukup.

Akibatnya seseorang dapat mengalami pusing berkunang-kunang, merasa lelah atau lemah. Selain gejala itu ada gejala lainnya yang dapat muncul seperti sesak napas, nah dibawah kita akan bahas semua mengenai faktor penyebab anemia, gejala dan pencegahannya.

Inilah Faktor Penyebab Anemia yang Jarang Orang Ketahui

Faktor Penyebab Anemia
Sumber gambar : healthjade.com
Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan pada beberapa masyarakat. Anemia memiliki beberapa penyakit dasar, anemia bisa dikatakan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etologi dan berdasarkan pemeriksaan klinis.

Penyebab anemia yang paling sering yaitu diakibatkan oleh pendarahan hebat atau berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurang pembentukan sel darah merah. Hematopoiesis yang tidak aktif.

Orang dewasa dikatakan memiliki anemia jika kadar hemoglobinnya dibawah 14 gram per desiliter untuk ukuran hemoglobin laki-laki. Sedangkan untuk ukuran hemoglobin perempuan yaitu dibawah 12 gram per desiliter.

1. Penyebab Anemia 

Faktor Penyebab Anemia
Sumber gambar : realitaindonesia.com
Ada beberapa faktor penyebab anemia yang menyebabkan sesorang dapat mengalami rasa sakit dikepala dan lainnya. Stimulasi produksi sel darah merah yang tidak kondusif dipengaruhi oleh hormon, memiliki penyakit kronis, penyakit genetik atau faktor keturunan dan sebagainnya.

Sumsum tulang adalang jaringan lunak ditengah tulang yang membantu pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat akan bertahan selama 90 atau 120 hari, setelah itu sel-sel darah yang lalu akan digantikan dengan sel darah merah yang baru.

Kemungkinan seseorang dapat mengalami anemia akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, memiliki penyakit kronis seperti kanker, ginjal dan yang lainnya. Adanya eliminasi yang terjadi lebih awal dari biasanya pada sel darah merahyang disebabkan oleh hormon atau kekebalan tubuh.

2. Gejala Anemia 

Faktor Penyebab Anemia
Sumber gambar : www.galerimedika.com
Bila anemia terjadi dalam jangka waktu yang lama, konsetrasi hemoglobin dalam jumlah yang rendah serta tanda-tanda atau gejala muncul. Gejala anemia yang paling umum sering orang alami yaitu tubuh selalu cepat lelah atau lemas.

Beberapa gejala umum lainnya yaitu seperti selalu mudah emosi, sakit kepala atau pusing, selalu tidak bisa berkonsentrasi atau berpikir dan sembelit. Ketika gejala ini muncul kalian bisa cek hemoglobin kalian ke instalansi terdekat.

Jika kondisi anemia semakin parah akan muncul beberapa kondisi seperti warna biru hingga putih pada mata, sesak napas, kuku menjadi rapuh, warna kulit menjadi pucat. Serta muncul keinginan untuk mengkonsumsi es batu, tanah atau hal-hal lain yang bukan makanan.

3. Pencegahan Anemia

Faktor Penyebab Anemia
Sumber gambar : www.slideshare.net
Metode pencegahan anemia yang paling utama dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Selain itu juga disarankan mengkonsumsi makanan seperti berikan susu sapi pada anak 1 tahun ke atas.

Anemia bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 dan zat besi, sumber paling utama vitamin B12 dan zat besi adalah dari makanan. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya anemia, tubuh memerlukan asupan makanan yang sehat dan kadar gizi seimbang.

Pastikan vitamin C yang cukup di dalam tubuh melalui mengkonsumsi makanan, minuman atau suplemen. Hindari minuman alkohol dan berkafein, jika terjadi suatu gejala yang hebat maka segera hubungi dan konsultasi pada dokter.

Kesimpulan 

Anemia jika dibiarkan akan mengalami beberapa komplikasi seperti masalah pada jantung yaitu aritmia atau irama jantung dan gagal jantung. Ketika ada keluhan segera cek jangan sampai menyebabkan komplikasi, semoga bermanfaat dan membantu, selalu bersyukur, stay safe and stay healthy.

Posting Komentar untuk "Inilah Faktor Penyebab Anemia Yang Jarang Diketahui"