Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Akibat Stres Yang Dapat Mempengaruhi Fisik Dan Psikis

Stres merupakan suatu reaksi tubuh yang dapat muncul pada saat seseorang mengalami tekanan secara psikologis atau pun secara fisik, ancaman dan situasi yang dianggap berbahaya. Ketika merasa terancam atau tekanan, sistem saraf akan merespon dengan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol.

Penyebab stres pada seseorang dapat berbeda-beda tergantung bagaimana seseorang mengontrolnya. Apa yang membuat anda stres, belum tentu sama dengan orang lain karena setiap orang memiliki masalah dan penyebabnya masing-masing.

Dampak akibat stres terhadap tubuh dapat berbahaya, beberapa dampak yang sering muncul yaitu tidak bisa tidur, tidak nafsu makan atau sebaliknya, kurang fokus dan dapat menurunkan imun tubuh. Hal itu jugalah yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Inilah Beberapa Dampak Akibat Stres Yang Sering Disepelekan

Dampak Akibat Stres
Sumber gambar : www.sensity.pl
Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat anda terasa tertekan, putus asa, cemas, gelisah dan marah atau pun sebaliknya. Situasi seperti itu akan menimbulkan respon tubuh baik secara fisik maupun psikis.

Respon yang sering timbul pada tubuh pada saat anda stres yaitu napas dan detak jantung lebih cepat dan tidak biasa, otot menjadi kaku dan dapat juga menimbulkan tekanan darah naik. Stres dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu kesehatan fisik serta mental dan melemahkan daya tahan tubuh.

Penyebab stres sering kali dipicu oleh tekanan batin yaitu seperti masalah dalam keluarga, patah hati, hubungan sosial dan sebagainnya. Selain itu pemicu stres juga dapat terjadi akibat tekanan pekerjaan, pemutusan hubungan kerja atau phk atau memiliki penyakit tertentu.

1. Jenis-Jenis Stres 

Dampak Akibat Stres
Sumber gambar : parenting.orami.co.id
Menurut medline plus, stres yang paling umum terjadi dibagi menjadi dua bagian yaitu stres akut dan stres kronis. Stres akut merupakan stres dalam jangka waktu singkat atau pendek yang dapat hilang secara cepat.

Anda akan merasakan stres akut pada saat menghadapi situasi bahaya. Misalnya anda sedang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi tanpa diduga ketika melaju ada suatu kendaraan berhenti dan anda mengerem dengan sekuat tenaga agar tidak terjadi tabrakan.

Stres kronis merupakan stres yang berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan panjang berminggu-minggu bahkan dapat berbulan-bulan. Misalnya stres akibat masalah keluarga atau pun masalah keuangan.

2. Tanda-Tanda Anda Mengalami Stres

Dampak Akibat Stres
Sumber gambar : www.yesdok.com
Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, baik masalah keluarga, percintaan, persahabatan, pekerjaan, ekonomi dan sebagainnya. Stres tingkat kronis dapat menimbulkan beberapa keluhan pada tubuh.

Gejala yang umum yang dialami penderita stres dapat berbeda-beda penyebabnya, tergantung gimana si penderita menyingkapi masalahnya. Gejala atau tanda stres dapat dibedakan menjadi beberapa gejala yaitu gejala emosi, gejala fisik, gejala kognitif dan gejala perilaku.

Gejala yang sering terjadi pada penderita stres yaitu pusing dan ingin segera keluar dari zona itu, gangguan tidur atau insomnia, gangguan pencernaan, nafsu makan menurun drastis atau malah sebaliknya, jantung berdebar kencang dan lainnya.

3. Dampak Akibat Stres

Dampak Akibat Stres
Sumber gambar : paleosmak.pl
Stres pun dapat berakibat baik dan buruk, tetapi tingkat stres yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Beberapa dampak yang diakibatkan stres umumnya terjadi pada bagian tubuh.

Dampak stres pada tubuh contohnya seperti masalah pencernaan, diare atau sembelit, sakit kepala dan untuk perempuan dapat mengakibatkan siklus menstruasi terhambat dan tidak teratur. Selain itu ada juga akibat lainnya yaitu turunnya gairah seks, masalah pernafasan dan diabetes.

Efek yang ditimbulkan jika terlalu stres dapat mengakibatkan kanker dan gangguan imun tubuh, penyakit jantung, masalah pada berat badan, sindrom metabolik dan depresi. Juga menyebabkan depresi berat hingga kerontokan parah pada rambut.

Kesimpulan 

Stres dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit, untuk cara mengatasinya kalian cukup alihkan pikiran kalian dengan aktivitas yang membuat kalian tenang. Semoga pembahasan diatas dapat membantu dan bermanfaat, stay safe and stay healthy.

Posting Komentar untuk " Dampak Akibat Stres Yang Dapat Mempengaruhi Fisik Dan Psikis"