Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Paru-Paru Basah Anda Harus Waspada

Paru-paru basah atau pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru. Kondisi akibat dari paru-paru basah ialah pembengkakan atau peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru, paru-paru basah merupakan suatu istilah untuk menggambarkan adanya peradangan.

Peradangan pada paru-paru dapat menyebabkan timbunan cairan pada jaringan paru-paru. Kondisi itu bisa disebut seperti pneumonia merupakan akibat terjadinya infeksi bakteri atau virus, oleh sebab itu kantung udara paru-paru dipenuhi dengan cairan atau nanah.

Cara mengatasi paru-paru basah akan kita bahas dibawah ini beserta gejala dan penyebabnya. Untuk paru-paru basah ini sangat berbahaya dan harus ditangani jika diderita oleh bayi, balita, lansia dan orang-orang yang memiliki daya tahan yang sangat lemah.

Cara Mengatasi Paru-Paru Basah, Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Paru-paru Basah
Sumber gambar : blogs.insanmedika.co.id

1. Gejala Paru-Paru Basah

Cara Mengatasi Paru-paru Basah
Sumber gambar : drkristinsfitnessrx.com
Gejala paru-paru basah atau pneumonia dapat berkembang secara tiba-tiba dalam waktu 24 jam atau 48 jam. Jika anda mengalami batuk baru dan terus menurus, suhu tinggi, atau kehilangan indra penciuman itu bisa jadi ciri-ciri virus covid-19 atau corona.

Gejala yang paling umum pneumonia atau paru-paru basah yaitu batuk kering disertai mengeluarkan lendir berwarna kuning, hijau dan sebagainya. Kesulitan bernafas, detak jantung cepat, nyeri dada yang tambah parah ketika batuk dan lainnya.

Sedangkan untuk gejala yang tidak umumnya yaitu batuk darah, sakit kepala, kelelahan, nyeri sendi dan otot. Segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan dan cek kondisi paru-parunya jika terjadi sesuatu atau gejala seperti diatas yang telah dibahas.

2. Penyebab Paru-Paru Basah 

Cara Mengatasi Paru-paru Basah
Sumber gambar : www.honestdocs.id
Secara umum paru-paru basah atau pneumonia timbul akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah yang mengakibatkan bakteri maupun virus dan jamur dari luar dapat masuk dengan mudah melalui saluran pernapasan dan menyebabkan radang paru-paru.

Faktor yang paling sering menyebabkan peradangan pada paru-paru yaitu serangan dari virus dan bakteri. Ada beberapa jenis yang menyebabkan peradangan pada paru-paru yaitu pneumonia akibat virus, pneumonia akibat jamur dan pneumonia akibat bakteri.

Pneumonia akibat bakteri yaitu bakteri yang paling umum streptococcus pneumoniae. Pnemonia akibat jamur yaitu akibat menghirup terlalu banyak spora jamur dan mengakibatkan timbulnya penyakit ini, pneumonia yang disebabkan virus yaitu virus yang lebih umum ialah virus flu dan batuk.

3. Cara Mengatasi Paru-Paru Basah

Cara Mengatasi Paru-paru Basah
Sumber gambar : www.alodokter.com
Pengobatan pneumonia disesuaikan dengan tingkat keparahanya, misalnya paru-paru diakibatkan oleh infeksi bakteri biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik. Sedangkan untuk paru-paru basah yang berat itu biasanya perlu penanganan langsung oleh dokter.

Obat alami atau tradisional tidak bisa menyembuhkan total pneumonia. Tetapi dapat meringankan gejalanya, contoh obat tradisional yaitu jahe, madu,daun pappermint, air garam dan lainnya sedangkan untuk cara alaminya yaitu menghirup udara hangat dan lembap, berhenti merokok dan sebagainya.

Cara-cara menangani paru-paru basah perlu disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Sebelum lebih lanjut lebih bagus dan baiknya disarankan melakukan pemeriksaan dan penanganan terlebih dahulu dari dokter khusus spesialis paru-paru agar ditangani lebih cepat.

Kesimpulan 

Untuk pembahasan diatas mengenai gejala, penyebab dan cara menangani paru-paru basah, hindari beberapa pantangan yang dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit paru-paru basah. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan berguna, selalu bersyukur, stay safe and stay healthy. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Paru-Paru Basah Anda Harus Waspada"