Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Tak Tertahankan

Haid atau menstruasi merupakan siklus normal bulanan bagi semua para wanita, dimana para wanita mengalami pendarahan dari vagina. Darah haid berasal dari lapisan rahim, nyeri haid atau dismenore sangat umum dialami wanita.

Namun nyeri haid yang muncul tak tertahankan dan tak kunjung hilang anda perlu waspada, karena ada suatu penyakit atau masalah tertentu. Nyeri haid ialah rasa sakit dibagian bawah perut tidak begitu menyiksa sebagian wanita untuk menjalankan aktifitasnya.

Tetapi beberapa sebagian wanita juga ada yang sering mengalami terjadinya rasa sakit yang tidak tertahankan yang dapat menganggu aktifitas sehari-harinya. Ada beberapa penyebab terjadinya rasa sakit pada nyeri haid, cara mengatasi nyeri haid akan dibahas selengkapnya di bawah ini.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Sumber gambar : www.wuhanrenyi.com

1. Faktor Penyebab Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Sumber gambar : kamini.id
Untuk dismenore memiliki dua jenis yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Dismenore primer disebabkan oleh meningkatnya prostaglandin yang berlebihan. Hormon ini lah yang membuat rahim berkontraki pada saat menstruasi dan melahirkan.

Faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit pada dismenore primer ialah menstruasi tidak lancar, merokok, kurang olahraga, stres secara psikologis maupun sosial, kelebihan berat badan atau obesitas, mengkonsumsi alkohol dan lainnya.

Dismenore sekunder disebabkan oleh adanya suatu penyakit tertentu seperti fibroid(tumor jinak yang berkembang didalam dinding uterus). Faktor penyebab lainnya adalah infeksi menular seksual atau disingkat ims, kista atau tumor ovarium dan lainnya.

2. Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Sumber gambar : jelita-v.com
Gejala yang sering dialami pada saat haid yaitu nyeri kram pada perut bagian bawah, perut dan paha bagian dalam. Juga mengalami mual, muntah dan sakit kepala ringan, sedangkan untuk dismenore sekunder biasanya menimbulkan keputihan, benjolan dan lainnya.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara yang sederhana seperti mengompres dengan air hangat pada bagian bawah perut, memperbanyak aktifitas fisik, melakukan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi dan olahraga lainnya, mengurangi stres dan banyak pikiran.

Nyeri haid yang muncul hanya sesekali itu tidak berbahaya, namun untuk nyeri haid yang datangnya tiap bulan anda harus waspada. Jika ketika rasa nyeri haid tidak kunjung membaik dengan cara diatas segera konsultasikan kepada dokter.

Kesimpulan

Untuk mengurangi rasa sakit pada saat datang bulan kalian hanya cukup perbanyak minum air putih, kontrol stres kalian dan jangan banyak pikiran itu penyebab utama dari semua penyakit. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan membantu, stay safe and stay healthy.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Tak Tertahankan"