Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Pohon Buah Dalam Pot Untuk Pekarangan Rumah

Tanaman pohon buah dalam pot untuk pekarangan bisa kamu jadikan inspirasi dalam menghiasi keindahan pekarangan rumah menjadi bermanfaat. Semua orang pastinya suka dengan namanya buah-buahan untuk dikonsumsi sebagai kesehatan tubuh.

Selain kamu suka dengan buah-buahan, kini saya akan memberikan tanaman buah dalam pot sekaligus untuk menghiasi pekarangan rumah. Kamu bisa mencobanya untuk tanam pohon buah dalam pot yang pastinya ukuran keci tapi bisa berbuah.

Meskipun mempunyai pekarangan yang kecil dengan adanya pohon buah dalam pot akan menambahkan suasana rumah semakin indah dilihat. Tentunya dengan cara mudah untuk menanam pohon buah dalam pot yang seharusnya ditanam dihalaman luas atau perkebunan, kini ditanam secara kreatif.

Deretan Tanaman Pohon Buah Dalam Pot Kreatif

Tanaman Pohon Buah Dalam Pot
Sumber gambar : higaragro.com

Sebelum berlanjut ke deretan tanaman buah dalam pot ada beberapa tips buat kamu untuk menanam pohon unggulan ditanam di pot. Pilih jenis pohon yang kalian ingin tanam untuk dijadikan hiasan keindahan pekarangan rumah.

Seperti contoh pohon jeruk untuk dijadikan sebagai keindahan pekarangan rumah dan dari hasil tersebut bisa kamu nikmati saat berbuah. Mungkin bagi kamu sulit bagaimana menanam pohon di dalam pot hingga berbuah dalam bentuk pohon kecil.

Kemudian kalo pohon buah yang kamu temui dipenjual pastinya akan mahal hingga ratusan ribu persatu pot bunga. Nah disini saya akan memberikan tips kreatif buat kamu untuk menanam pohon buah dan menentukan bibit unggulan yang akan ditanam di pot.

1. Pohon Jambu Air Merah Dalam Pot

Tanaman pohon buah dalam pot
Sumber gambar : tanilink.com

Untuk kamu yang suka dengan jambu air bisa kamu jadikan pohon tersebut di dalam pot hingga bisa berbuah meskipun ukuran pohon kecil. Manfaat dari jambu air memiliki khasiat khusus untuk daya tahan tubuh seseorang dalam menjaga kesehatan.

Cara pertama yang kamu harus lakukan, sediakan pot yang kamu inginkan untuk menanam pohon jambu air tersebut. Tentukan tanah yang bagus untuk pertumbuhan pohon dan sediakan pupuk untuk konsumsi pohon menjadi berbuah.

Kemudian pilih jenis pohon unggulan yang akan ditanam atau kamu bisa mencangkok dari pohon besar dan memilih batang pohon bagus yang akan ditanam di pot. Kemudian cara menanam pohon tersebut bisa kamu tambahkan menggunakan serabut kelapa didalam pot yang tercampur tanah dan pupuk tersebut.

Selain itu kamu bisa gunakan zat pengatur tumbuhan yang berpungsi untuk mepengaruhi pertumbuhan pohon tersebut sehingga bisa berbuah. Obat senyawa organik untuk pohon bisa kamu dapakan toko obat-obatan untuk kesuburan pohon.

Setelah kamu tanam dalam pot jangan disimpan disuhu panas terlebih dahulu, lebih baik disimpan ditempat yang teduh sehingga bisa beradaptasi. Jangan lupa untuk menyirami poho tersebut dengan air biasa atau ditambahkan dengan air organik minimal pagi dan sore.

2. Pohon Anggur Dalam Pot

Tanaman pohon buah dalam pot
Sumber gambar : bibitonline.com

Langkah pertama persiapan stek batang pohon anggur yang berusian minimal 1 tahun dan potong berukuran 20cm, dan ambil 2-3 batang ruas pohon. Kemudian pilih batang pohon yang bagus dan unggulan yang terlihat mata tunas besar sehat dan padat.

Kemudian untuk penyemaian bibit kamu sediakan tanah, pupuk dan pasir dengan perbandinga merata, setelah itu tinggal tuas pohon ditanam. Simpan tanaman pohon anggur ditempat teduh hingga penyemaian tuas pohon tumbuh berdaun.

Setelah tumbuhnya tangkai anggur hingga mencapai 1 bulan kamu bisa berikan pupuk urea atau NPK satu sendok makan dan perbandingan air 1 liter. Tujuannya agar pertumbuhan pohon anggur bisa sehat, kemudian siram 15 hari sekali dengan air urea tersebut.

Jangan lupan untuk memotong bagian-bagian pohon yang tumbuh agar tidak merambat banyak dan pilih cabang yang akan dijadikan buah. Untuk metode pembuahan pohon anggur bisa berusia 9 bulan pertama kali berbuah.

3. Pohon Buah Mangga Dalam Pot

Tanaman pohon buah dalam pot
Sumber gambar : kampustani.com

Cara menanam pohon buah dalam pot disini kamu harus memilih pohon buang yang kualitas bagus untuk ditanam dalam pot. Setelah itu kamu cangkok pohon buah dari pohon yang sudah besar dan memilih bagian batang pohon yang sekiranya bagus untuk dijadikan dalam pot.

Kemudian setelah cangkokan batang buah berhasil kamu bisa memotong tangkai buah yang sudah dipilih tersebut. Langkah selanjutnya kamu siapkan komposisi tanah dan pupuk untuk kesuburan pohon mangga di dalam pot.

Sediakan pot yang berukuran agak besar untuk pertumbuhan pohon buah tersebut dan kamu bisa tambahkan seperti ampas serabut kelapa. Untuk lebih optimal dalam pertumbuhan pohon mangga tersebut, bisa kamu tambahkan cairan untuk kesehatan pohon agar cepat berbuah.

Lakukan perawatan dengan rutin untuk terhindar dari hama sehingga memperlambat proses pertumbuhan pohon mangga dalam pot. Selain itu kamu bisa beli di toko obat tani untuk menjaga kesuburan pohon agar tidak kena hama.

Lakukan pemupukan yang dicampur dengan tanah dengan merata dan juga kamu dapat menyirami pohon dengan air pupuk atau biasa. Simpan terlebih dahulu pohon yang baru ditanam di pot ditempan yang teduh agar beradaptasi terlebih dahulu.

4. Pohon Belimbing Dalam Pot

Tanaman pohon buah dalam pot
Sumber gambar : vistaagromedia.com

Pemilihan bibit belimbing harus berkualitas seperti belimbing manis yang unggul agar menghasilkan buah yang bagus. Lakukan pemilihan batang pohong yang dicangkok untuk dijadikan tanaman di dalam pot yang kamu telah sediakan.

Pemilihan batang pohon belimbing berkualitas ciri batang mulus dan tidak bercak atau rusak akibat bakteri atau hama. Pilih bibit dengan terlihat sehat dan subur yang tampak segar, jangan pilih pohon yang daunnya bolong-bolong atau kena hama bakteri.

Untuk bibit unggulan yang dipilih bisa berumur delapan bulan atau lebih dengan tinggi 70cm dengan diameter batang yang tidak terlalu besar. Pemilihan bentuk batang harus lurus tidak bercabang serta warna daun yang hijau dan terlihat subur.

Setelah itu siapkan pot yang berukuran sedang antara 60-70cm untuk median tanam pohon belimbing yang kamu inginkan. Kemudian pilih tanah yang bagus dan pupuk dengan kualitas bagus untuk pertumbuhan pohon belimbing.

Untuk perawatan pohon belimbing dalam pot kamu bisa gunakan cairan NPK atau lainnya agar pohon  bisa berbuah dengan kualiatas baik dan cepat. Selain itu rawat pohon dengan rutin agar tidak terkena hama atau bakteri yang menghambat pertumbuhan pohon tersebut.

5. Pohon kelengkeng Dalam Pot

Tanaman pohon buah dalam pot
Sumber gambar : abahtani.com

Proses untuk menanam pohon kelengken cukup sama dengan pohon belimbing seperti diatas, tentukan pohon yang berkualitas untuk ditanam dalam pot. Metode pengambilan batang cukup dengan mencangkok batang pohon dari pertumbuhan pohon yang sudah besar dan bagus.

Dalam metode penanaman pohon kamu siapkan tahan,pasir serta pupuk kandang agar pertumbuhan pohon semakin bagus dan sehat. Selain itu jangan biarkan pohon kelengken ini terlalu basah dalam media tanah yang akan ditanam pohon belimbing.

Untuk bagian atas tanah kamu bisa memberika bebatuan atau krikil agar media air berlebih yang diberikan tidak merusak pertumbuhan. Gunakan pupuk fosfor atau kotoran kambing, sapi dan lainnya sehingga akan lebih optimal dalam proses pembuahan.

Lakukan perawatan dengan benar dan rutin, agar pohon yang kamu tanam di dalam pot tidak terkena hama atau bakteri pohon tersebut. Langkah pertama untuk media tanam lebih baiknya pohon kelengkeng ditaruh ditempat teduh agar pohon bisa beradaptasi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tanaman pohon buah dalam pot untuk pekarangan rumah yang kamu bisa buat sendiri dan memberikan pekarangan semakin indah. Semoga tanaman buah kreatif tersebut menginpirasi kamu untuk mencobanya dan bila kamu suka artikel ini bisa bagikan keteman lainnya, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tanaman Pohon Buah Dalam Pot Untuk Pekarangan Rumah"